Selasa, 21 Oktober 2008

Skala Pengukuran (SESI 10)

SKALA PENGUKURAN DAN INSTRUMEN PENELITIAN

Dalam penelitian kuantitatif, peneliti akan menggunakan instrumen untuk mengumpulkan data, sedangkan dalam penelitian kuantitatif peneliti akan lebih banyak menjadi instrumen, karena penelitian kualitatif peneliti merupakan key instrument.

Instrumen penelitian digunakan untuk mengukur variabel yang diteliti, sehingga jumlah instrumen yang akan digunakan untuk penelitian akan tergantung pada jumlah variabel yang diteliti. (Bila variabelnya 5 maka instrumen yang akan digunakan juga 5).

A. Skala Pengukuran

Skala pengukuran merupakan kesepakatan yang digunakan sebagai acuan untuk menentukan panjang pendeknya interval yang ada dalam alat ukur, sehingga alat ukur tersebut bila digunakan dalam pengukuran akan menghasilkan data kuantitatif.

  1. Skala Likert

Digunakan untuk mengukur sikap, pendapat danpersepsi seseorang atau sekelompok orang tentang fenomena. Variabel yang akan diukur dijabarkan menjadi indikator variabel. Kemudian indikator tersebut dijadikan sebagai titik tolak untuk menyusun item-item instrumen yang dapat berupa pernyataan atau pertanyaan. Jawaban setiap item instrumen yang menggunakan skala likert mempunyai gradasi dari sangat positif sampai sangat negatif. Untuk keperluan analsisi kuantitatif, jawaban itu dapat diberi skor (1 – 5 atau disesuaikan dengan kebutuhan).

a. Contoh bentuk checklist

SS Sangat setuju skor 5

ST Setuju skor 4

RG ragu-ragu skor 3

TS Tidak setuju skor 2

STS Sangat Tidak setuju skor 1


Pertanyaan

Jawaban

SS

ST

RG

TS

STS

1

Prosedur kerja yang baru akan segera diterapkan di perusahaan


Ö




2

………………..






Bila kuesioner tersebut diberikan kepada 100 orang, yang jawabannya sebagai berikut :

25 orang menjawab SS

40 orang menjawab ST

5 orang menjawab RG

20 orang menjawab TS

10 orang menjawab STS

Berdasarkan jumlah skor yang telah ditetapkan maka :

Jumlah skor untuk :

25 orang x 5 = 125

40 orang x 4 = 160

5 orang x 3 = 15

20 orang x 2 = 40

10 orang x 1 = 10

Jumlah skor ideak (kriterium) untuk seluruh item adalah :

5 x 100 orang = 500 (SS)

Jumlah skor terendah

1 x 100 orang = 100 (STS)

Jadi berdasarkan data tersebut maka tingkat persetujuan terhadap metode kerja baru itu :

(350 : 500) x 100% = 70%




b. Bentuk pilihan ganda

1. ProsedurProsedur kerja yang baru akan segera diterapkan di perusahaan anda?

a. Sangat Setuju

b. Setuju

c. Ragu-ragu

d. Tidak Setuju

e. Sangat tidak setuju

  1. Skala Guttman

Dengan skala ini, akan diperoleh jawaban yang tegas yaitu Ya - Tidak, Benar - Salah dan lain-lain. Penelitian menggunakan skala Gutman dilakukan bila ingin mendapatkan jawaban yang tegas terhadap suatu permasalahan yang ditanyakan.

Skala ini dpat pula dibentuk dalam bentuk checklist atau pilihan ganda. Skor 1 untuk skor tertinggi dan skor 0 untuk terrendah. (Analisa seperti pada skala likert).

Contoh :

1. Apakah anda Setuju dengan kebijakan perusahaan menaikkan harga jual?

a. Setuju b. Tidak Setuju

  1. Semantic Deferential

Skala ini digunakan untuk mengukur sikap, hanya bentuknya tidak pilihan ganda maupun checklist, tetapi tersusun dalam satu garis kontinum yang jawabannya sangat positifnya terletak dikanan garis, dan jawaban yang sangat negatif terletak dibagian kiri garis atau sebaliknya. Data yang diperoleh adalah data interval dan baisanya skala ini digunakan untuk mengukur sikap/karakteristik tertentu yang dipunyai oleh seseorang.

Responden dapat memberi jawaban pada rentang jawaban yang positif sampai dengan neagtif.

Contoh :

Beri nilai gaya kepemimpinan Manajer anda




Bersahabat

5

4

3

2

1

Tidak Bersahabat

Tepat janji

5

4

3

2

1

Tidak tepat janji

Memberikan kepercayaan pada staf

5

4

3

2

1

Mendominasi staf

  1. Rating Scale

Pada rating scale, data mentah yang diperoleh berupa angka kemudian ditafsirkan dalam pengertian kualitatif.

Responden menjawab, senang atau tidak senang, setuju atau tidak setuju adalah merupakan data kualitatif. Dalam skala ini responden tidak menjawab salah satu dari jawaban kualitatif yang disediakan, tetapi mejawab salahs atu dari jawaban kuantitatif yang telah disediakan.

Contoh:

Seberapa baik ruang kerja yang ada di perusahaan anda?

Beri jawaban angka :

4 bila tata ruang itu sangat baik

3 bila tata ruang itu cukup baik

2 bila tata ruang itu kurang baik

1 bila tata ruang itu sangat tidak baik

jawablah dengan melingkari nomor jawaban yang tersedia :

No. Item

Pertanyaan tata ruang kantor

Interval jawaban

1

Penataa meja kerja sehingga arus kerja menjadi pendek

4 3 2 1

2

Pencahayaan alam tiap ruangan

4 3 2 1

3

…………….


SKALA PENGUKURAN DAN INSTRUMEN PENELITIAN

Dalam penelitian kuantitatif, peneliti akan menggunakan instrumen untuk mengumpulkan data, sedangkan dalam penelitian kuantitatif peneliti akan lebih banyak menjadi instrumen, karena penelitian kualitatif peneliti merupakan key instrument.

Instrumen penelitian digunakan untuk mengukur variabel yang diteliti, sehingga jumlah instrumen yang akan digunakan untuk penelitian akan tergantung pada jumlah variabel yang diteliti. (Bila variabelnya 5 maka instrumen yang akan digunakan juga 5).

A. Skala Pengukuran

Skala pengukuran merupakan kesepakatan yang digunakan sebagai acuan untuk menentukan panjang pendeknya interval yang ada dalam alat ukur, sehingga alat ukur tersebut bila digunakan dalam pengukuran akan menghasilkan data kuantitatif.

  1. Skala Likert

Digunakan untuk mengukur sikap, pendapat danpersepsi seseorang atau sekelompok orang tentang fenomena. Variabel yang akan diukur dijabarkan menjadi indikator variabel. Kemudian indikator tersebut dijadikan sebagai titik tolak untuk menyusun item-item instrumen yang dapat berupa pernyataan atau pertanyaan. Jawaban setiap item instrumen yang menggunakan skala likert mempunyai gradasi dari sangat positif sampai sangat negatif. Untuk keperluan analsisi kuantitatif, jawaban itu dapat diberi skor (1 – 5 atau disesuaikan dengan kebutuhan).

a. Contoh bentuk checklist

SS Sangat setuju skor 5

ST Setuju skor 4

RG ragu-ragu skor 3

TS Tidak setuju skor 2

STS Sangat Tidak setuju skor 1


Pertanyaan

Jawaban

SS

ST

RG

TS

STS

1

Prosedur kerja yang baru akan segera diterapkan di perusahaan


Ö




2

………………..






Bila kuesioner tersebut diberikan kepada 100 orang, yang jawabannya sebagai berikut :

25 orang menjawab SS

40 orang menjawab ST

5 orang menjawab RG

20 orang menjawab TS

10 orang menjawab STS

Berdasarkan jumlah skor yang telah ditetapkan maka :

Jumlah skor untuk :

25 orang x 5 = 125

40 orang x 4 = 160

5 orang x 3 = 15

20 orang x 2 = 40

10 orang x 1 = 10

Jumlah skor ideak (kriterium) untuk seluruh item adalah :

5 x 100 orang = 500 (SS)

Jumlah skor terendah

1 x 100 orang = 100 (STS)

Jadi berdasarkan data tersebut maka tingkat persetujuan terhadap metode kerja baru itu :

(350 : 500) x 100% = 70%




b. Bentuk pilihan ganda

1. ProsedurProsedur kerja yang baru akan segera diterapkan di perusahaan anda?

a. Sangat Setuju

b. Setuju

c. Ragu-ragu

d. Tidak Setuju

e. Sangat tidak setuju

  1. Skala Guttman

Dengan skala ini, akan diperoleh jawaban yang tegas yaitu Ya - Tidak, Benar - Salah dan lain-lain. Penelitian menggunakan skala Gutman dilakukan bila ingin mendapatkan jawaban yang tegas terhadap suatu permasalahan yang ditanyakan.

Skala ini dpat pula dibentuk dalam bentuk checklist atau pilihan ganda. Skor 1 untuk skor tertinggi dan skor 0 untuk terrendah. (Analisa seperti pada skala likert).

Contoh :

1. Apakah anda Setuju dengan kebijakan perusahaan menaikkan harga jual?

a. Setuju b. Tidak Setuju

  1. Semantic Deferential

Skala ini digunakan untuk mengukur sikap, hanya bentuknya tidak pilihan ganda maupun checklist, tetapi tersusun dalam satu garis kontinum yang jawabannya sangat positifnya terletak dikanan garis, dan jawaban yang sangat negatif terletak dibagian kiri garis atau sebaliknya. Data yang diperoleh adalah data interval dan baisanya skala ini digunakan untuk mengukur sikap/karakteristik tertentu yang dipunyai oleh seseorang.

Responden dapat memberi jawaban pada rentang jawaban yang positif sampai dengan neagtif.

Contoh :

Beri nilai gaya kepemimpinan Manajer anda




Bersahabat

5

4

3

2

1

Tidak Bersahabat

Tepat janji

5

4

3

2

1

Tidak tepat janji

Memberikan kepercayaan pada staf

5

4

3

2

1

Mendominasi staf

  1. Rating Scale

Pada rating scale, data mentah yang diperoleh berupa angka kemudian ditafsirkan dalam pengertian kualitatif.

Responden menjawab, senang atau tidak senang, setuju atau tidak setuju adalah merupakan data kualitatif. Dalam skala ini responden tidak menjawab salah satu dari jawaban kualitatif yang disediakan, tetapi mejawab salahs atu dari jawaban kuantitatif yang telah disediakan.

Contoh:

Seberapa baik ruang kerja yang ada di perusahaan anda?

Beri jawaban angka :

4 bila tata ruang itu sangat baik

3 bila tata ruang itu cukup baik

2 bila tata ruang itu kurang baik

1 bila tata ruang itu sangat tidak baik

jawablah dengan melingkari nomor jawaban yang tersedia :

No. Item

Pertanyaan tata ruang kantor

Interval jawaban

1

Penataa meja kerja sehingga arus kerja menjadi pendek

4 3 2 1

2

Pencahayaan alam tiap ruangan

4 3 2 1

3

…………….


Tidak ada komentar: